INSTALL UBUNTU 10.04

Sunday, July 3, 2011


Okey.. langsung saja tidak perlu terlalu banyak basa-basi kita mulai tutorial instalas ubuntu ini. Yang Pertama harus dilakukan adalah menyiapkan segala perlengkapan yang diperlukan, yaitu Media instalasi, bisa berupa CD/DVD maupun FlashDisk ( Kalau anda belum punya anda bisa menghubungi saya di zutar107@gmail.com), perlengkapan yang harus disediakan lainnya adalah Komputer tentunya (Kalau tidak ada komputer emang mau instalasi di mana? hehehehe...). Spesifikasi minimal adalah:
  • 1 GHz x86 Processor, 384 MB RAM
  • 8 GB disc Space disarankan 20 GB atau lebih.
  • Graphic card dengan resolusi 1024x768.
  • Sound Card. 
Kalau perlengkapan yang diperlukan telah tersedia sekarang kita mulai proses instalasi.
Karena banyak rekan-rekan yang sebelumnya adalah pengguna Windows (biarkan mungkin bajakan), maka diasumsikan di komputer kita telah terinstal windows. langsung saja kita mulai instalasinya.
  1. Atur Settingan Bios untuk Fist Boot sesuai media instalasi yang kita punya CD/DVD atau FlsahDisc.
  2. Masukkan/sambungkan media instalasi kemudian restart komputer anda. Tunggu hingga media installasi di load, yang ditandai dengan munculnya tampilan pilihan bahasa seperti di bawah ini.
    Loading Ubuntu Installer
  3. Pilih Bahasa yang anda kehendaki lalu tekan enter sehingga muncul tampilan yang menawarkan beberapa opsi, diantaranya Try Ubuntu without installing danInstall Ubuntu yang nampak seperti gambar.
    Loading Ubuntu Installer Options
    Bagi pemula sebaiknya kita pilih yang pertama Try Ubuntu without installing. tekan enter dan akan muncul tampilan seperti di bawah, yang berarti sistem sedang meload program yang ada di media insallasi.
    Loading Ubuntu LiveCD 
    Lalu tunggu hingga muncul tampilan seperti gambar.

  4. Ubuntu LiveCD

    Di sini anda telah dapat menggunakan Sistem Operasi Ubuntu secara live CD/DVD/FlashDisc. Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi standart bawaan. namun tentunya kecepatan kerja untuk penggunaan secara live CD/DVD/FlashDisc sangat rendah. 
  5. Apabila anda ingin menginstall Ubuntu ke HardDisc anda bisa melakukan dengan mengklik 2x icon Install ubuntu yang ada di desktop atau dari menuSystem->Administration->Install Ubuntu 10.04 . Maka akam muncul tampilan pemilihan zona waktu seperti gambar.
    region time
    Pilihlah Region dan zona waktu sesuai daerah anda. lalu klik pada menu "forward". Selanjutnya akan muncul tampilan pilihan Keyboard layout. 

    Layout Keyboard
    Pilihlah sesuai yang akan anda gunakan, Untuk di Indonesia biasanya pakai yang Suggested Option USA. lalu klik forward.

  6. Selanjutnya akan muncul tampilan Prepare disc space. 
    Prepare disc
    Di sinilah hal yang paling perlu perhatian extra dan harus hati-hati karena resikonya juga cukup fatal bila terjadi kesalahan. Terutama bila dalam hardDisc anda telah terdapat data dan atau bahkan Sistem Operasi lain yang telah terinstall dan tersimpan. Karena akan hilang bila ada kesalahan pada tahap ini bila anda menginstal ubuntu secara dual boot dengan Sistem Operasi lain misalnya windows.  Bila anda menginstall pada Komputer secara Dual Boot dengan Sistem operasi windows telah terinstall sebelumnya perhatikan di bagian atas. Sistem Operasi tersebut akan terletak /dev/sda1. Hal ini berlaku bila harddisc anda sebelumnya telah dipartisi lebih dari 1 partisi. Bila hanya terdiri dari 1 partisi maka mau tak mau kita harus menghapus sistem Operasi lama anda. Pilih specify partitions manually untuk menentukan dan mengatur partisi harddisc secara manual. klik "forward" maka akan muncul tampilan pembuatan partisi.
    Pada tab pertama Tentukan nilai ruang Partisi utama untuk Sistem opersi Ubuntu anda kira-kira minimal 5000 dalam satuan MB atau sesuai dengan ketersediaan ruang kosong hard disc anda. Gunakan pilihan jenis partisi ext4. Kemudian pada tab mount Point isikan tanda "/"(tanpa tanda petik) untuk membuat partisi root seperti contoh pada gambar di bawah ini. 
    make partitions
    Selanjutnya buat juga partisi untuk swsp dengan ukuran ideal 2 kali ukuran RAM seperti pada contoh gambar di bawah.
    make partitions1
    Kemudian buat juga partisi /home untuk menyimpan file-file document anda dengan ukuran secukupnya sesuai kebutuhan anda seperti contoh gambar di bawah
    make partitions1
    Partrisi terakhir bisa tidak buat/opsional. Bila tidak anda buat maka akan dibuatkan secara otomatis dalam file system ubuntu anda saat proses instalasi. Pembuatan partisi /home secara terpisah berguna bila anda akan menginstal ulang Ubuntu anda tanpa melakukan perubahan konfigurasi sebelumnya.
  7. Selesai pembuatan partisi selanjutnya klik "forward" untuk memulai melanjutkan proses instalasi selanjutnya. Pada tahap ini bila sistem menemukan Sistem Operasi windows yang telah terinstal sebelumnya, maka akan muncul opsi untuk memindahkan setting sistem windows ke Ubuntu anda. bila anda memilih ya maka anda akan diminta memasukkan username dan password yang anda gunakan di windows. Namun bila anda tidak ingin memindahkan setingan windows ke ubuntu anda dapat langsung klik "forward". 
  8. Maka selanjutnya akan muncul tampilan yang meminta anda mengisikan nama anda, username dan password yang akan anda gunakan untuk login ke sistem Operasi Ubuntu anda dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.
    make user

    Isilah sesuai dengan yang anda inginkan lalu klik "forward". Maka tahap selanjutnya anda akan diminta menentukan pemasangan boot loader pada partisi lain atau pada hard drive. Bagi pemula direkomendasikan untuk memasang secara otomatis oleh sistem atau melewatkannya dengan klik "forward"

  9. Selanjutnya akan muncul konfirmasi settingan installan ubuntu yang telah anda masukkan sebelumnya seperti gambar berikut.
    user confirmation

    Bila ada yang tidak sesuai anda bisa klik "back" untuk melakukan perubahan lalu mengikuti langkah seperti sebelumnya namun apabila telah dirasa semua sesuai dengan settingan instalasi yang anda inginkan anda bisa langsung klik "forward".

  10. Tahap selajutnya ini adalah tahap proses instalasi dimana sistem akan melakukan copy file-file dari media installer ke hard disc beserta settingan yang telah dimasukkan. Proses ini akan ditandai dengan penampilan beberapa gambar yang menginformasikan tentang sistem Operasi Ubuntu tersebut, salah satunya adalah tampilan seperti berikut.
    installing

    Proses ini akan berlangsung antara 8 sampai 30 menit tergantung kemapuan komputer anda. Setelah selesai akan ditandai tengan munculnya tampilan seperti gambar berikut.
    installing finish
  11. Klik "Restart Now" Jangan lupa juga keluarkan/lepas media installer(CD/DVD/FlashDisc) yang anda pakai. Maka komputer akan melakukan Boot, lalu akan muncul GRUB Loader dengan tampilan seperti di bawah ini.
    Grub loader
  12. Untuk login ke linux pilih “Ubuntu, with Linux 2.6.32-21-Generic”  Lalu tekan enter. Maka akan terjadi proses loading Ubuntu dengan tapilan serperti berikut.
    ubuntu loading

    Kemudian menyusul akan muncul sistem login seperti gambar berikut.
    login user

    Loginlah dengan username dan password yang telah anda buat. tekan enter beberapa saat kemudian akan terbuka sistem Operasi Ubuntu dengan tampilan seperti berikut.
    ubuntu desktop

    Nah inilah tampilan Desktop Ubuntu 10.04 yang baru anda install dan sistem Operasi Ubuntu siap untuk anda gunakan. 

Selamat Mencoba

dudu.rojo

0 komentar: